Jual Bibit Kakao/Coklat

Sebagian besar orang tentu mengenal coklat sebagai salah satu makanan favorit yang dapat diolah menjadi berbagai macam masakan dan kue-kue. Namun mungkin masih banyak yang belum paham tentnag tanaman coklat itu sendiri. Sehingga jika berencana menanam pohon ini, tentu butuh persiapan yang cukup optimal. Salah satunya dengan mencari tempat jual bibit kakao atau coklat yang berkualitas. Tentunya hal ini tidak mudah, namun jika mempercayakan pada CV Agro Sejahtera, maka ini merupakan salah satu langkah yang tepat dan bisa dijamin keberhasilannya.

Sebelum melangkah lebih jauh untuk membicarakan budidaya tanaman coklat, ada baiknya memahami dahulu tentang tanaman yang satu ini. Karena memelihara pohon kakao atau coklat tentu tidak akan berhasil dengan maksimal jika tidak mengetahui seluk beluknya. Oleh sebab itu simak beberapa penjelasan di bawah ini untuk lebih lengkapnya.

Tanaman Kakao

Banyak yang masih kurang paham tentang tanaman kakao atau yang biasa menghasilkan biji coklat. Untuk lebih jelasnya berikut ini sedikit penjelasan  serta beberapa fakta tentang tanaman kakao yang ditanam di Indonesia.

Sejarah tanaman kakao dimulai dari masa penjajahan Belanda. Tanaman ini tumbuh subur di Kawasan tropis seperti Indonesia. Sebagai salah satu tumbuhan perennial, tanaman ini memiliki ketinggian maksimal sekitar 5 meter dan bunga yang tumbuh langsung pada batangnya.

Jual Bibit Kakao

Bila tertarik menanam pohon kakao, sebaiknya cari dahulu tempat jual bibit kakao yang berkualitas. Supaya pohon kakao nantinya tumbuh lebih subur dan menghasilkan buah yang berkualitas. Jangan sampai memilih bibit yang tidak baik termasuk yang mengandung hama dan penyakit. Karena jika demikian maka pohon akan susah tumbuh dan berakibat buahnya sedikit atau kualitasnya buruk.

Hal ini menjadi alasan pentingnya mencari tempat jual bibit kakao yang dapat dipercaya dan menyediakan bibit kakao berkualitas denga harga yang ramah. Seperti misalnya jika membeli di CV Agro Sejahtera yang jual bibit kakao unggul dan dijamin akan menghasilkan buah yang baik serta optimal. Jangan ragu untuk bertanya lebih dahulu jika baru pertama kali berencana memilih bibit tanaman kakao. Tentunya aka nada penjelasan cara membudidayakan kakao yang benar dan tepat.

Klasifikasi Tanaman Kakao

Bagi yang baru mengenal pohon kakao, cukup penting untuk mengetahui informasi yang benar tentang tanaman ini. Pohon kakao ini jika ditelusuri lebih detail memiliki klasifikasi sebagai berikut.

Berdasarkan sistem klasifikasi mahluk hidup, tanaman kakao yang bernama latin Theobroma cacao L. ini diklasifikasikan sebagai berikut:

  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Malvales
  • Famili: Malvaceae (Sterculiaceae)
  • Genus: Theobroma
  • Spesies: T. cacao

Cara Budidaya Tanaman Kakao

Bila berminat untuk mencoba cara budidaya tanaman kakao, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan. Umumnya bagi para pemula, sangat penting untuk mengetahui tips menanam pohon kakao seperti berikut ini:

  1. Sebaiknya pilih lahan yang tepat untuk menanam bibit kakao. Karena tidak semua lahan cukup subur untuk ditanami.
  2. Pilih bibit kakao yang paling baik dan jangan sampai terserang hama atau penyakit supaya dapat tumbuh subur.
  3. Pastikan untuk mengetahui cara menanam dan merawat yang tepat supaya pohon kakao berbuah dengan maksimal.

Kemudian untuk memulai budidaya pohon kakao juga tentunya tidak sulit. Ada banyak informasi tentang cara yang sebaiknya dilakukan oleh para pemula. Namun untuk menambah kejelasan informasi, berikut ini cara budidaya tanaman kakao yang lebih tepat dan lengkap.

  1. Persiapkan lahan untuk menanam bibit kakao dengan baik. Termasuk menyuburkan lahan dan memberikan pupuk secukupnya. Tunggu hingga lahan siap ditanami.
  2. Cari bibit kakao yang baik untuk dapat ditanam di lahan yang telah disiapkan.
  3. Tanam kakao pada lahan yang telah siap dengan cara membuat lubang secukupnya secara teratur.
  4. Berikan pupuk secara berkala supaya tanaman kakao nantinya dapat tumbuh lebih subur.
  5. Tunggu masa panen yang tepat untuk memetik buah kakao. Umumnya pada saat buah menjadi berwarna kuning kemerahan dan telah melalui waktu sekitar 6 bulan sejak berbunga. Jika kelewat masak maka harga buah kakao ini akan jatuh karena kadar lemaknya lebih rendah daripada yang masak dengan tepat.
  6. Distribusikan hasil panen ke tempat yang tepat dan waktu yang sesuai supaya dapat menghindari resiko biji kakao yang rusak.

Harga Bibit Kakao

Komoditas kakao merupakan salah satu bahan yang cukup banyak dicari orang. Jika dilihat bahwa kebutuhan dan permintaan pasar yang cukup tinggi hingga saat ini, maka tak heran jika harga bibit kakao juga bukan yang tergolong murah. Umumnya harga bibit kakao di pasaran memang bervariasi. Tergantung dari besar kecilnya bibit dan jenis bibit yang diinginkan. Terutama yang mudah berbuah dan cepat menghasilkan, tentu harganya lumayan mahal.

Manfaat Coklat/Kakao

Sudah banyak orang yang tahu bahwa ada beragam manfaat coklat atau kakao. Tidak hanya digunakan sebagai salah satu snack atau makanan, namun coklat juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan kulit tubuh. Berikut ini beberapa manfaat coklat atau kakao untuk kesehatan tubuh.

  1. Untuk menyembuhkan berbagai macam masalah pencernaan, seperti maag dan perut kembung. Sehingga membantu meredakan gas dalam perut dan menghindari terjadinya asam yang tinggi.
  2. Kakao juga dapat bermanfaat untuk mencegah resiko sembelit. Sehingga segelas kakao hangat di pagi hari akan membantu proses pencernaan tubuh dan metabolisme yang lebih lancar.
  3. Kakao berfungsi menjaga kestabilan tekanan darah sehingga cocok untuk mencegah resiko penyakit darah tinggi, termasuk resiko serangan penyakit jantung yang saling berkaitan.

Sementara manfaat coklat atau kakao untuk kecantikan yaitu sebagai berikut.

  1. Kakao termasuk salah satu bahan yang dapat membantu mempercantik kulit dengan menghaluskan serta melembutkan dan mencerahkan permukaan kulit.
  2. Kakao juga dapat bermanfaat karena kandungan anti oksidan yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah resiko timbulnya kerutan atau garis halus di sekitar wajah.
  3. Manfaat kakao untuk kecantikan terutama juga untuk membantu mengembalikan elastisitas dan kekenyalan kulit wajah.

Itulah sekilas tentang tanaman coklat atau kakao yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kulit kita. Karena itu tidak perlu ragu jika punya hobi makan coklat. Apalagi jika sampai berminat untuk mencoba menanam pohon ini sebagai jalan budidaya pohon kakao. Langkah utama yang penting tentu mendapatkan bibit tanaman coklat atau kakao yang paling terpercaya. Yaitu misalnya dengan menyerahkan pilihan ke CV Agro Sejahtera, yang akan senantiasa memberi saran mana bibit yang terbaik dan dapat dilakukan budidaya. Jangan khawatir akan lokasinya yang berada di Kediri. Dengan era transportasi yang lebih mudah da murah saat ini, maka bibit tanaman coklat bisa dibawa dan dikirim ke seluruh pelosok tanah air.

Leave a Comment