Jual Bibit Rambutan Unggul

Pohon rambutan merupakan salah satu pohon yang banyak digemari anak-anak. Selain berbuah lebat juga rasa buahnya yang manis dan segar, karena banyak mengandung air. Tak heran jika pohon rambutan yang sedang berbuah menjadi incaran anak kecil yang lewat. Tak hanya itu saja, buah rambutan di pasar juga sering dicari orang. Sehingga saat sedang musim buah rambutan, maka berbagai macam jenis buah tersebut sangat laris dibeli orang.

Bila tertarik untuk menanam buah rambutan, tentunya butuh beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain tempat atau kebun yang tepat, juga butuh pengetahuan cara memeliharan pohon rambutan yang benar. Lebih penting lagi mencari bibit rambutan yang berkualitas. Supaya pohon rambutan yang dibudidayakan dapat tumbuh subur dan nantinya berbuah lebat sesuai keinginan. Oleh sebab itu sebaiknya mencari tempat yang jual bibit rambutan unggulan. Misalnya di CV Agro Sejahtera yang berlokasi di Kediri. Tempat ini menjual berbagai tanaman hias dan bibit pohon buah yang bermacam-macam. CV yang satu ini juga menjual berbagai macam bibit rambutan. Jika ingin tahu apa saja jenisnya, simak penjelasan berikut ini.

Jual Bibit Rambutan Rapiah

Salah satu buah rambutan yang banyak disukai oleh orang yaitu jenis rambutan rapiah. Tentu ini sudah bukan rahasia lagi, bahwa rambutan yang satu ini memang banyak dicari orang. Jika penggemar rambutan tentu tahu pasti apa ciri-ciri buah rambutan yang satu ini. Namun jika orang awam dan tidak terbiasa membeli buah rambutan, tentu agak kebingungan membedakannya. Nah, jika ingin tahu lebih jelas tentang ciri-ciri buah rambutan rapiah, berikut ini penjelasannya:

  • Buah rambutan rapiah memiliki daging buah yang tebal kemudian berwarna putih, kenyal, dan juga agak kering.
  • Buah rambutan rapiah juga mengelotok, dan kulit bijinya agak melekat.
  • Dibanding dengan jenis buah rambutan yang lain, buah ini memiliki diameter yang kecil dan mungil serta rambut yang lebih jarang. Warna buahnya juga tidak selalu merah, namun terkadang masih hijau kekuningan.
  • Buah ini tentu rasanya sangat manis dan renyah dengan aroma yang tidak terlau tajam.
  • Biji buah rambutan rapiah cukup kecil serta berbentuk bulat, dan mempunyai pelat.
  • Umumnya daya tahan buah ini mencapai enam hari setelah dipetik.

Jika tertarik menanam pohon rambutan rapiah, tentu ini bukan hal yang susah bagi pemula. Sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini jika ingin budidaya rambutan rapiah berjalan dengan baik.

  • Pilih tanah yang subur supaya pohon berbuah lebat.
  • Pilih bibit yang sesuai supaya tidak mudah terserang hama. Slaah satunya cari tempat jual bibit rambutan rapiah di CV Agro Sejahtera Kediri yang memiliki bibit rambutan rapiah yang baik, sehat serta berkualitas tinggi.

Jual Bibit Rambutan Binjai

Selanjutnya ada pula yang namanya buah rambutan binjai. Buah rambutan jenis ini juga banyak diketahui orang. Bahkan telah sejak lama buah rambutan binjai dijual mulai dari pasar tradisional hingga di supermarket. Tak heran jika banyak orang yang menikmati buah rambutan jenis ini dengan leluasa. Bahkan terkadang banyak juga didapati di pekarangan rumah tetangga kita. Sepertinya menemukan buah rambutan jenis ini cukup mudah. Padahal rambutan ii berasal dari kota Binjai di Sumatera Utara, hanya saja dapat dibudidayakan dengan baik di sekitar kita. Namun jika masih bingung membedakannya, berikut ini beberapa ciri-ciri buah rambutan binjai:

  • Buah rambutan ini terlihat cukup menarik karena adanya warna merah yang mencolok.
  • Buah juga memiliki bentuk bulat dan agak lonjong.
  • Kulit buah rambutan binjai cukup tebal dan terasa agak keras.
  • Rambut buah pada rambutan binjai tergolong cukup panjang, jarang, kasar, dan berwarna merah dengan ujung hijau.
  • Daging buah rambutan yang satu ini juga berwarna putih, kenyal, dan ngelotok dengan kulit biji melekat.
  • Daging buah juga rasanya di lidah agak renyah karena kadar airnya yang tidak banyak atau sedikit.
  • Bijinya berbentuk bulat dan berukuran sedang.

Apabila berminat menanam pohon rambutan binjai, maka ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Jangan sampai hanya asal-asalan dan akhirnya budidaya pohon rambutan menjadi gagal. Sebaiknya cari informasi yang tepat tentang langkah-langkah budidaya pohon rambutan binjai. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa tips bila ingin memulai membudidayakan pohon rambutan yang satu ini:

  • Tentukan iklim yang paling cocok supaya pohon rambutan dapat tumbuh subur dengan mendapat cukup air dan sinar matahari.
  • Pilih benih yang berkualitas dan unggul dan tidak mudah terserang hama atau penyakit. Karena itu untuk urusan bibit unggul sebaiknya serahkan pada tempat jual bibit rambutan binjai CV Agro Sejahtera yang berlokasi di Kediri dan mampu menyediakan bibit yang unggul.
  • Pastikan untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk penyiraman dan pemupukan berkala.
  • Saat panen sebaiknya petik buah bersama dengan tangkainya supaya buah masak pohon dan tidak terlalu cepat busuk.

Jual Bibit Rambutan Garuda

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ternyata ada yang namanya buah rambutan garuda. Sebagian orang tentu berpikir seperti apa bentuk buah rambutan jenis ini. Karena mungkin tidak sering ditemukan di penjual buah maupun di toko buah dalam mall. Sebenarnya ini adalah salah satu buah rambutan yang pohonnya awalnya hanya tumbuh di sederet pinggiran sungai Barito Kalimantan. Namun pada akhirnya pohon rambutan jenis ini dapat dibudidayakan di beberapa tempat di pulau Jawa dengan baik. Jika merasa penasaran, berikut ini ciri-ciri buah rambutan garuda:

  • Ukuran buah jauh lebih besar dari buah rambutan pada umumnya. Sehingga seringkali pula disebut di kalangan petani rambutan sebagai buah rambutan jumbo.
  • Memiliki warna kulit buah yang merah menyala sehingga jelas terlihat dari kejauhan.
  • Rasa buahnya manis dan gurih, namun kandungan airnya yang paling sedikit dibanding buah rambutan jenis lain. Sehingga daging buah cenderung lebih kesat di lidah.

Bila ingin mencoba menanam pohon rambutan garuda, tentunya butuh informasi akurat tentang cara menanam dan memeliharan yang benar. Sebaiknya cari informasi sebanyak mungkin supaya usaha untuk menanam menghasilkan pohon yang subur serta buah yang lebat. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat memutuskan untuk menanam pohon rambutan garuda:

  • Pohon rambutan jenis ini lebih cocok di dataran rendah sehingga sebaiknya pastikan media tanah yang hendak ditanami sesuai dengan karakteristik dataran rendah.
  • Pilih bibit unggulan, karena itu cari saja tempat jual bibit ramburan garuda yang berkualitas seperti misalnya di CV Agro Sejahtera yang sudah pasti bibitnya sehat berkualitas serta sangat prima.
  • Patikan untuk mengingat rentan waktu pemupukan supaya pohon dapat tumbuh subur.
  • Lakukan pemangkasan bila perlu agar pohon dapat berbuah lebih optimal.

Cara Budidaya Rambutan

Menanam buah rambutan tentunya tidak bisa asal dilakukan begitu saja. Oleh karena itu butuh persiapan dan teknik supaya dapat berhasil. Hal ini hanya bisa didapatkan dengan jalan mencari informasi sebanyak mungkin. Bisa melalui buku bacaan tentang cara budidaya rambutan, bisa juga dengan mencari informasi melalui internet. Bahkan jika ingin penjelasan yang lebih rinci atau detail, coba saja bertanya pada CV Agro Sejahtera yang banyak berkutat di seputar budidaya pohon rambutan tersebut. Tentunya akan lebih banyak tips dan trik yang akan didapatkan nantinya. Namun, jika ingin tahu secara garis besarnya, berikut ini beberapa cara budidaya rambutan yang paling umum:

  • Persiapkan dulu benih yang akan dibibit. Bisa dengan jalan menyemai bibit pada media yang tepat terlebih dahulu, misalnya pada pot. Namun dapat juga memilih untuk membeli bibit pohon rambutan yang siap untuk ditanam pada media pot dibanding harus menyemai biji. Jika ingin mendapat bibit rambutan kualitas unggul, sebaiknya percayakan suplai bibit pada CV Agro Sejahtera Kediri yang menjanjikan bibit rambutan berkualitas.
  • Selanjutnya olah lahan yang akan dipilih sebagai tempat untuk menumbuhkan bibit pohon rambutan. Carilah lokasi yang sesuai, yaitu dengan intesitas curah hujan dan matahari yang sebanding. Sebisa mungkin carilah kebun di dataran rendah dengan tanah yang cukup subur.
  • Biarkan lahan yang diolah diberi pupuk terlebih dahulu dan kemudian biarkan hingga kurang lebih seminggu lamanya sebelum ditanami bibit rambutan.
  • Persiapkan lubang untuk menanam bibit dengan ukuran kurang lebih 10×10 cm. Selanjutnya berikan jarak yang sesuai antara bibit pohon yang satu dengan yang lain. Sebisa mungkin beri jarak sekitar 1-2 meter supaya tidak saling menghalangi saat tumbuh nanti.
  • Saat mulai menanam bibit, sebaiknya lakukan pada awal musim penghujan, supaya tanaman mendapatkan cukup curah hujan dan dapat tumbuh berkembang dengan baik.
  • Jangan lupa untuk selalu menyiangi gulma atau tanaman pengganggu yang tumbuh di sekitar bibit rambutan yang telah ditanaman. Pastikan untuk mengecek bibit yang baru ditanam untuk memastikan apakah bibit dapat tumbuh atau tidak.
  • Usahakan untuk memberikan pupuk selama beberapa bulan sekali untuk menghindari pohon menjadi layu.
  • Jangan lupa juga untuk mengecek resiko timbulnya hama pada tanaman dengan jalan memberikan pestisida secukupnya.
  • Umumnya pohon rambutan akan mulai berbuah setelah berusia beberapa tahun. Pastikan supaya menjaga agar buah rambutan yang dihasilkan masak pohon. Karena tentu rasanya akan berbeda dengan yang diperam atau dipanen sebelum waktunya.
  • Pada saat memanen sebaiknya petik bersama dengan tungkal yang sudah matang supaya buah rambutan lebih awet dan tidak mudah busuk.

Tentu mencoba menanam rambutan pastinya bukan hal yang mudah. Jika ingin budidaya bisa berjalan lancar, memang ada beberapa tips dan trik untuk melakukannya. Jika merasa penasaran, simak tips berikut supaya pohon rambutan bisa tumbuh subur:

  • Pohon rambutan butuh iklim yang sesuai supaya dapat tumbuh subur. Oleh karena itu sebaiknya pastikan lokasi kebun rambutan memiliki curah hujan yang cukup, memiliki intensitas sinar matahari yang cukup serta memiliki tingkat kelembapan yang sesuai. Karena hal ini akan mempengaruhi kesuburan pertumbuhan pohon rambutan supaya tumbuh baik dan berbuah lebat.
  • Perhatikan media yang digunakan untuk menanam bibit pohon rambutan. Karena pohon hanya dapat berbuah dengan baik jika ditanaman pada media yang tingkat keasamannya cukup dengan kandungan air yang cukup ideal. Sehingga pastikan terlebih dahulu lokasi yang akan dipilih untuk menanam buah rambutan sebelumnya.
  • Pohon rambutan lebih cocok ditanam pada dataran rendah. Oleh sebab itu jangan memaksakan pohon ini untuk ditanam di area pegunungan atau di daerah yang cukup tinggi dari permukaan air laut.

Manfaat Buah Rambutan

Tentunya makan buah rambutan merupakan suatu hal yang menyenangkan. Namun belajar budidaya pohon rambutan juga tak kalah asyiknya. Dimulai dari kebun sendiri, maka jika berbuah nanti bisa dengan sesukanya makan buah rambutan. Hal ini bukan suatu hal yang buruk. Jika ingin tahu lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat buah rambutan untuk kesehatan tubuh kita:

  • Buah rambutan mengandung kadar glukosa yang tinggi, sehingga sangat cocok digunakan sebagai salah satu sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Buah rambutan mengandung vitamin C yang dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Sehingga dengan memakan buah ini tubuh lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit seperti misalnya influenza.
  • Buah rambutan juga baik untuk kesehatan kulit, sehingga dapat membantu mencegah berbagai macam infeksi kulit dan resiko penyakit kulit yang lainnya.
  • Buah rambutan mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Termasuk membantu meningkatkan metabolism tubuh menjadi lebih tinggi, sehingga tubuh dapat menyerap lebih banyak nutrisi dan menghindari terbentuknya lemak.
  • Buah rambutan berkhasiat untuk membantu sebagai anti oksidan alami yang bekerja untuk menangkal efek radikal bebas dari polusi udara termasuk membantu untuk memperlambat penuaan dini termasuk ciri-ciri timbul kerutan dan garis halus di wajah.
  • Buah rambutan juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang terutama pada anak-anak, kandungan mineral kalsium dan fosfor baik untuk meningkatkan masa tulang.
  • Buah rambutan dapat membantu mengoptimalkan daya ingat dengan membantu meningkatkan kecerdasan berpikir serta memaksimalkan penyerapan oksigen oleh otak.
  • Buah rambutan dapat berguna untuk mencegah timbulnya radang termasuk mengurangi nyeri akibat radang yang terjadi serta menurunkan gejala demam yang terjadi.

Walau memang banyak manfaatnya, tetap saja batasi konsumsi buah yang satu ini. Karena ada juga beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu sebelum makan buah rambutan, simak dahulu beberapa rekomendasi di bawah ini:

  • Hindari terlalu banyak makan buah rambutan, karena rasanya yang sangat manis sehingga dapat menimbulkan resiko berupa sakit tenggorokan dan terserang batuk kering.
  • Sebaiknya orang yang mengidap diabetes berusaha menghindari makan buah yang satu ini supaya tidak menimbulkan resiko gula darah yang meningkat.
  • Usahakan untuk makan buah dalam keadaan perut sudah terisi untuk menghindari kemungkinan sakit pada lambung atau menderita maag.

Itulah beberapa penjelasan tentang buah rambutan dan bibitnya. Termasuk apa saja jenis buah rambutan yang bisa dibudidayakan. Apakah itu rambutan rapiah, rambutan binjai atau rambutan garuda. Semua punya ciri masing-masing, termasuk punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Karena itu sebaiknya pikirkan dahulu dengan masak sebelum memutuskan pohon rambutan mana yang akan ditanam. Jika masih kesulitan, sebaiknya hubungi CV Agro Sejahtera Kediri di nomer telepon 081235970832. Selain dapat memberikan masukan mana pohon yang paling cocok untuk ditanam, CV ini juga dapat menyediakan bibit rambutan yang diperlukan. Terutama jika mencari bibit unggulan yang kualitasnya super. Dijamin disini merupakan tempat yang tepat. Tidak perlu khawatir jika tinggal berlainan kota dengan kota Kediri. Melalui pengalaman yang panjang, CV Agro Sejahtera dapat membantu pengepakan bibit yang sesuai dan melakukan pengiriman hingga ke seluruh Indonesia. Jika masih ragu, coba buktikan sendiri!

Leave a Comment